Hanoi yang Romantis

Ada apa sih selain Halong Bay di Hanoi?

Hanoi buat saya kota yang antik dan romantis. Mungkin kalau Ho Chi Minh (HCMNH) adalah Jakarta maka Hanoi adalah Bandung. hehe.. Pertama kali memutuskan ke Hanoi, memang sih gara-gara ada Halong Bay. Tetapi setelah googling, makin gak sabar pengen ke Hanoi. Ternyata Hanoi punya musim dingin! Wew.. bagi orang ndeso seperti saya, yang belum pernah jalan-jalan ke Eropa yang punya musim dingin, ini kesempatan banget bisa ngerasain winter. Yah, winter ala asia. And lucky me, waktu ke Hanoi bulan November 2009, pas banget mau masuk musim dingin. Yaay..

Saya sebut romantis, apalagi kalau bukan kotanya yang antik. Selain ada danau di tengah-tengah kota,  Dan danau yang terkenal di Hanoi, Hoan Kiem Lake. Kalau sore, banyak aktivitas yang unik disini. Ada sekelompok anak muda-mudi pacaran, ada sekelompok manula latihan taichi, atau sekedar duduk-duduk di cafe danau, sambil minum kopi mengisi kehidupan di Hoan Kiem District. Kabarnya Danau ini mempunyai cerita tentang The Legend of The Returned Sword. Dulu, Danau ini adalah bagian dari Sungai Merah.

Dsc_0232

Berdoa

Dscn2227

Mojok malam-malam

Dscn2228

Icon Hoan Kiem Lake

Dscn2244

Cafe di pinggir danau Hoan Kiem Lake

Lalu saya juga berkunjung ke Ho Chi Minh Museloum, tempat dimana mumi Uncle Ho dimakamkan. Sayang, saya tidak sempat masuk. Tetapi sempat melihat upacara pergantian penjaga (tentara-tentara yang menjaga Museloum). Ah sampe sekarang masih pengen masuk liat Uncle Ho 😥

Dsc_0165

Sempet juga saya numpang foto di Flag Tower. Tapi lagi-lagi, gak bisa masuk karena pas jam istirahat, sementara waktu saya berkeliling padat sekali, hiks hiks.. Flag Tower ini terletak di Museum Sejarah Militer Vietnam, letaknya tidak jauh kok dari Ho Chi Minh Museloum. Saya waktu itu hanya berjalan kaki saja.

Dsc_0269

Sayang sekali yaa, saya gak bisa naik ke menaranya.. *mewek lagi

Dsc_0214

Gambar di atas, Red Bridge di Hoan Kiem Lake. Emang, cocook banget kesini sama pacar yaa *batukbatuk

Dsc_0271

Gerbang Van Mieu

Van Mieu University atau biasa disebut sebagai Van Mieu Temple/ Temple of Literature, adalah universitas pertama di Hanoi. Ini saya kutip sedikit dari kitab backpacker a.k.a Lonely Planet hehe..

Van Mieu atau Temple of Literature. Dibangun tahun 1070 oleh Emperor Ly Thanh Tong dari Dinasti Ly, yang mendedikasikannya untuk Confucius (Khong Tu). Enam tahun kemudian, pada tahun 1076, universitas pertama Vietnam didirikan untuk mendidik keluarga kerajaan, kemudian para sarjana terbaik. Di situ kemudian diadakan ujian-ujian untuk merekrut para pegawai kerajaan.

Tahun 1484, Emperor Le Thanh Tong (perhatian yang ini dari Dinasti LE) memerintahkan pembuatan prasasti di atas lokasi Van Mieu untuk mencatat nama, tempat lahir mereka yang telah meraih sarjana dengan lulus ujian tiga tahunan sejak 1442. Meskipun 116 ujian telah diadakan antara 1442 dan 1778, hanya 82 prasasti saja yang masih ada.

Tahun 1802, Emperor Gia Long (Dinasti Nguyen) memindahkan universitas ke ibukotanya yang baru di Hue dan bekas universitas dimanfaatkan sebagai temple untuk Khia Thanh.

Van Mieu terdiri dari 5 seri courtyard. Antara courtyard saling ditemukan oleh gerbang (gambar 1: Gerbang Dai Trung) yang bentuknya berbeda-beda dan diteruskan oleh satu jalur jalan kaki. Courtyard tersebut diisi oleh taman, pohon-pohon tinggi, antara bentuk yang terbangun dengan situs alam saling melengkapi. Aku pernah baca kalau filosofisnya, orang Vietnam senang mengambil citra alam sebagai bagian dari lingkungannya. Di courtyard yang ketiga, kita bisa melihat bangunan-bangunan terbuka di mana di simpan 82 prasasti namun yang menarik perhatian adalah adanya danau yang dominan di court ini. Danau tersebut dipanggil Thien Quang Tinh.

Dsc_0279

Thien Quang Tinh

Dsc_0313

Hehe, sama aja kaya indonesia yah

Saya juga sempat melewati Opera House, sebuah teater di Hanoi yang dibangun pada tahun 1901. Tak heran bangunannya cukup artistik, karena dibangun disaat Prancis menduduki Vietnam. Gedung ini kemudian digunakan sebagai pusat pertunjukan seni dan budaya.

Kalau teman-teman masih banyak waktu, silahkan nonton Water Puppet Show, saya memutuskan waktu itu tidak nonton, karena keterbatasan biaya *melas , jadi cukup foto-foto saja di depan gedung water puppet show. Water Puppet Show ini merupakan kesenian traditional Vietnam sejak abad kesepuluh, menggambarkan tentang gambaran kehidupan warga Vietnam di pedesaan , permukaan panggungnya menggunakan air dan memainkan boneka dari bali tirai. Penasaran? Jangan lupa nonton kalau ke Hanoi 🙂

St. Joseph Cathedral

 

Satu lagi yang wajib: NYOBAIN PHO 

 

Summary Hanoi

Tempat Wisata

1. Halong Bay

2. Van Mieu / Temple of Literature

3. Ho Chi Minh Museloum

4. Hoan Kiem Lake

5. Flag Tower/ Vietnam Museum

6. Water Pupet Show

7. Ho Tay Lake

8. Cho Dong Xuan Market –> awas copeeet.

Penginapan

Disekitar Old Quarter/ Hoan Kiem Lake banyak banget yang murah-murah. Bisa cek di Hostelworld.com ya . Tetapi tetaplah hati-hati, karena ada banyak hotel palsu yang namanya sengaja dimiripkan dengan hotel-hotel favorit di Hanoi. Old Quarter ini terdapat pasar murah, atau memang surganya belanja. Siap-siap nawar pakai urat dan kalkulator ya 🙂

Transportasi

kalkulator Transportasi disana pakai taksi, tapi hati-hati banget yaa.. ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu taksi yang sudah direkomendasikan, karena di Hanoi banyak banget scam taksi alias taksi argo singa. Beruntung saya waktu itu dapet referensi dari Kedubes Indonesia (sudah saya posting di tulisan saya sebelumnya)   

Ah, mungkin saja harus mengunjungi Hanoi lagi, agar bisa bercerita lebih banyak. *mulai cari-cari alasan 😀

I’m officially missing you, dear Hanoi..

Dsc_0207
Advertisements
Categories: Vietnam | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Jalan Sendiri ke Jepang

Sekali-sekali jalan gak pakai Tour - freedom adventures

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

Anila Tavisha

Ambivert creature who loves to postpone her stories

dininulis

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad & HR.Thabrani)

alfsukatmo.wordpress.com/

A place where my soul rest

Wee Line

There's always an open door for them who wanna try

Esti Murdiastuti

Melihat dunia, merenung, intropeksi maka engkau akan menemukan Tuhan-mu

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Penyukajalanjalan

Jelajahi dunia selagi bisa

santistory

.:santiari sanctuary:.

%d bloggers like this: