Posted in Vietnam

Hanoi : Murah Meriah :)

Inilah inti perjalanan saya. Hanoi. ^__^..

 

Sampai di Hanoi jam 00.05, tengah malem.. keluar dari pesawat grrr…. Dingiin. Disana memang lagi memasuki musim dingin. Suhu tercatat 20 derajat. Tapi kok rasa-rasanya, lebih dingin dari penunjuk temperatur yang tercatat di seperjalanan. And yes, saya saltum abis. Memakai hot pants sisa-sisa Cambodia, kaos dan jaket gaya (bukan jaket buat dingin).

 

Saya dijemput make mobil sejenis limo, salah satu fasilitas dari hotel .Yah, bayar sih, beda sama di Siam Reap yang pick-up free, tapi berhubung saya tau, kalau banyak scam taksi di hanoi, saya prefer bayar taksi resmi via Hotel. Gaya deh, berasa turis bule hehe.. jarak Bandara ke kota Hanoi kira-kira satu jam. Tapi jangan harap baliknya juga satu jam. Kalo jam normal, jalanan juga kena macet layaknya Jakarta. Di perjalanan menuju Hotel, saya melihat ada developer Ciputra gede banget.. waduh, Ciputra udah melebarkan sayap sampai Hanoi, dengan gate gaya khas Ciputra yang mewah.

 

Sampai di kota Hanoi, kotanya sudah sepi dan sunyi.. waktu menunjukkan jam 01.00, saya langsung diantar ke hostel yang sudah saya booking online. Ternyata hotel yang saya pesen masuk-masuk gang.. waduh, perasaan pesen udah hati-hati banget, sampe liat peta segala dimana letak hostel yang gak jauh dari pasar dan Hoan Kiem lake.. tapi ya sudahlah, toh sudah terlanjur..

 

Di receptionist kelihatan beberapa computer berjejer, horee.. kata forum benar.. hampir semua hostel menyediakan internet gratis.

Dsc_0167

Suasana di Depan Hostel, Pagi Hari

Sesampainya dikamar, wow!! Kamarnya gedee… tempat tidur queen satu, dan single satu (padahal saya hanya  pesan 1 room double bed aja), lemari besar, air panas, AC, TV dan kulkas. Kamar mandi bersih.. ini sih untuk harga yg saya bayar, more than enough. Ini yang saya suka dari hanoi. MURAH.

Dsc_0157

 kamarnya 🙂

Dsc_0158

bathroom. not bad.

 

Sebelum masuk kamar, saya sempet ketemu sama mas-mas receptionist, dan inilah diaaaa… bahasa inggris versi Vietnam. Ah kaliannn.. haruslah ke Vietnam, menyaksikan orang Vietnam berbahasa inggris.. sungguh ajaib.

“do you want to wook a thoar?”

Saya merengut. Dia mengulang perkataannya, dan menambahkan

“thoar? Halong bay? Or city thoar?”

Ah, ternyata : do you want to book a tour? -_-

 

Baiklah, cukup membingungkan untuk perkenalan. Untungnya saya sudah booking untuk Halong bay tour.

 

Oh iya, disana city tour dan Halong bay tour atau segala jenis tour bertebaran dimana-mana. just beware. Teman-teman harus tau average price tour sebelum berangkat ya. Biasanya, di hostel tempat kalian menginap lebih murah (makanya, cari hostel yang di rekomendasikan di hostelworld.com atau tripadvisor maupun lonely planet). Saya sendiri booking halong bay tour lewat Sinh café, salah satu travel tour yang terkenal di Vietnam dengan harga murah, atas rekomendasi bakcpaker dan Lonely planet. Tapiii, hati-hati yaa.. banyak copy cat sinh café dimana-mana.. sinh café yang asli telah merubah namanya, detailnya akan saya tulis dibawah ya.

 

Disini semua paket mengecualikan air minum. Aneh si memang.. tp mungkin itu ciri khas hanoi. Minum Bayar. Termasuk di hotel.

 

Cerita tentang Hanoi City, di postingan selanjutnya yah 🙂

 

Summary Info:

 

Hostel: Travellers house USD18/night

Halong Bay tour: USD21/each (lunch + boat + pick up Hanoi – Halong – Hanoi)

Trave tour recommended: http://www.sinhcafevn.com/

Posted in Cambodia, Vietnam

Long Way to Reach Ho Chi Minh (via Siam Reap)

Hari kedua dari rangkaian perjalanan, saya habiskan sia-sia di perjalanan karena memang beginilah rutenya, berhubung  Cambodia sangan dekat dengan Vietnam, saya memutuskan untuk terbang ke Hanoi dari Ho Chi Minh saja.

Jadilah saya menempuh Siem reap – Phnom penh selama 6 jam dengan Bus AC dan dilanjutkan ke Ho Chi Minh. Awal rencana, saya mau mampir juga di Phonm penh, menjambangi temple yang terkenal dan biasa dikunjungi, tapi apa daya waktunya tidak cukuup.. sekali lagi harus ada yang dikorbanin untuk waktu yg sempit.

Saya naik bus yang kemarin saya booking dengan harga USD23/orang. Average Bus yang nyaman memang antara USD20- USD23. Ada juga kok yang lebih murah.. tapi ya gitu deh  hehe.. kaya bus kota di Jakarta, kalau saja kuat.. monggoo… ini yang bus AC aja mati gaya tidur dan gaya pas gak tidur, apalagi bukan bus AC, bisa mati suri.

 

90
Bus ke Ho Chi Minh

Lama waktu Siem rep – Ho Chi Minh = 12 jam , gepeng banget kan.. mati gaya.. dan pas di boarder gate Vietnam penumpang bakal disuruh turun (lama waktu 30 – 45 menit), untuk cek-cek passpor. Saya si gak ribet, paling yg foreign dipisahin, trus difoto (kaya web cam) di bagian Imigrasinya.. terus, jadi deh.. Biasanya Bus akan berenti untuk makan siang dan makan sore.. pas berenti makan siang yang suka kuliner bisa nyobain makanan-makanan

Makan Serangga

Aneh.. di pasar tempat bus kita berenti ada banyak yg jualan serangga goreng. Tadinya penasaran deh pengen nyoba.. abis pengen tau, rasa kaya kalajengking digoreng, semacam belalang dan serangga-serangga lain pada mejeng .. tapi mengurungkan niat deh, selama masi bisa makan nasi dan ayam-ayam halal, makan yang halal aja dulu hihi..

Diperbatasan Cambodia – Vietnam (Moc Bai Border Gate) ada banyak hotel-hotel kerlap kerlip yang menyediakan fasilitas casino, jadi kaya mini las vegas.. sayang gak sempet foto, karena busnya jalan teruus..

Oh iya, keluar dari kamboja gak dikenain biaya kok, tadinya sempet khawatir, krn menurut info akan kena pajak keluar US25, wah kalo emang iya, bisa bangkrut di Pajak ama Voa aja dong, bisa abis sejuta sendiri.. Tp gak tau ya, kalau via udara kena pajak atau enggak..

 

Moc Bai Border Gate

 

Sampe Ho Chi minh mepet banget, jam 20.15.. padahaaaal, pesawat saya ke Hanoi jam 20.45.. gila ya, makanya saya harap-harap cemas banget pas dari Phnom Penh, tapi terus inget kata salah satu informan backpacker kalau  bandara udara di Ho chi minh itu deket banget dari kota cuma 10 – 15 menit. Jadilah saya banyak-banyak doa waktu itu..

Turun dari bus, saya langsung cari taksi dan udah niat gak mau pake tawar-tawar.. semahal-mahalnya taksi, masih mahal tiket pesawat ke Hanoi, berapapun ongkos taksi saya hajaaaarrr… pas nyampe si tukang taksi langsung bilang “five dollar” , tanpa babibu saya bilang “no problem”, langsung si tukang taksi tereak “hueeeee…” sambil kegirangan angkat-angkat tangan sama temennya, tiba-tiba perasaan saya gak enak..

10 menit kemudian, bener ajaa udh sampe bandaraaaaaa.. pantesan dikasih lima dollar pada kegirangan, issshhh…. Buat yg lain, kasih aja dua dollar yaaa ;D *medit

Akhirnya dengan lari-lari kecil kaya lempar jumroh, saya buru-buru check in, kali ini pake Jet Star, and.. Hanoi.. Here I come!!!

Summary Info:

Bus: Angkor Express USD23/each

Taksi: Kota Ho Chi Minh – Bandara USD2

Pesawat hcmnh – hanoi: Jetstar US54 one way/each

Posted in Adrenalin Junkie, Puncak/Bogor

Mencoba Paralayang

Eits!

Tampang saya boleh dibilang melankolis, rambut panjang plus suka make rok hihi.. tapii, kalau dibilang suka tantangan, suka banget! salah satunya nyoba paralayang ini..

Jadi ya, Paralayang adalah salah satu yang pengen saya cobain selain Gantole, Bungee Jumping, dan permainan udara lainnya 🙂 akhirnya kesampaian juga.

Untung saja, saya punya teman-teman yang agak badak juga, alias nyobain apa aja hayo, jadilah kita rencanain trip gembel ini dari jauh-jauh hari. Dari rencana 4 orang berangkat, ternyata yang confirm hanya kami bertiga. Kami setuju, untuk mencoba paralayang yang deket-deket aja, Puncak – Bogor. Ih, ngebayanginnya aja.. kayanya udah gak sabaaar pengen ngerasain terbang.

Tapi ternyata, susah-susah gampang rencanain Paralayang ini, ya apalagi kalau bukan faktor cuaca. Udah kebayang deh, udah ngeces-ngeces dari jakarta menuju Puncak, nerobos kemacetan buka-tutup, sampai sana, udah ready, eeh ujan. Tapi yah, kita nekaaat.

Saat itu, buru-buru deh googling, waktu itu dapet info dari www.indonesia-paragliding.com , beruntung banget, di minggu itu juga, masih bisa untuk 3 orang lagi, karena kabarnya, kalo penuh.. wasalam. Minggu berikutnya-berikutnya atau berikutnya lagi.. *ngiler se-ember

Kaget juga ternyata peminat Paralayang ini banyak juga ya, kuota cepet penuh, karena dalam satu hari belum tentu semua bisa terbang, semua tergantung keadaan cuaca dan angin. Kalo anginnya letoy yah, mana bisa terbang?

Tapi, karena kita udah kebelet terbang, ya udahlah.. daftar aja dulu, trus, dateng aja dulu, terbang atau gak terbang urusan belakangan :p .

Di hari H, kami bertiga naik kereta dari Gambir ke arah Bogor. Ini nekat bag I . Maksud hati mau naik angkot ke Bogor, etaapi kita malah nyarter angkot. Ini sumpah ya, kaya emak-emak bojongkenyot nyarter angkot hahaha.. sampe sekarang suka bergidik kalo inget-inget. Kita? Nyarter angkot? Bogor ke Puncak? 😀

Tapi akhirnya setelah macet disana-sini, sampe juga di tempat Paralayang. Kalo gak salah, letaknya setelah perkebunan teh Gunung Mas itu. Kalau dari arah Jakarta, ada di sebelah kanan.

Setelah sampai gak langsung terbang lho. Isi form dulu dan ternyata kita harus nunggu angin. Angin saat itu dilihat dari kain yang diikat di batang kayu yang kemudian disebut tailwind (eh bener gak ya ini nama sebutannya), ketika kain tersebut melambai kencang dan menunjukkan arah yang kurang kuat, baru lah kita bisa terbang. Intinya, kita harus nunggu dulu waktu itu.

37971_1450998029667_1074722591_1540095_5013000_n
Mendung. Bikin jiper

 

38688_414290682321_642902321_4817521_1634674_n
Setelah baca-baca ayat, mendung pun hilang ;p

Setelah ngemil soto mie, baru dapet panggilan kalau kita udah bisa terbang. I was the 2nd person to try at that time.

Pertama kali dipakein segala alat, DEG DEGAN boook!! gimana kalau parasut gak kebuka? Gimana kalo mendaratnya di atas mobil? Gimana kalo tabrakan sama parasut lain? Gimana kalo parasut udah kebuka tapi ternyata bolong? Gimanaaaa????

aaarrrrrrrrrggggghhh…!

Setelah baca ayat kursi seadanya, akhirnya… TERBAAAANG!!!

40371_1450997709659_1074722591_1540093_5905170_n
Awalnya kita harus run-run small..
39814_1450999389701_1074722591_1540113_6848373_n
pertama kali terbang di ketinggian, rasanya.. ..

 

39918_1450998269673_1074722591_1540100_1611739_n
Me and my paha babon terbang di udara..


39918_1450998269673_1074722591_1540100_1611739_n
ngilu-ngilu asikk! 

Bayar 300.000 sih, tapi worth it bangeeetttt…

Ayo, coba yuk?!