Forbidden City, Tiananmen Square, Temple Of Heaven & Summer Palace

Langsung rangkap empat nih ceritanyaa… hahah.. gimana sih, ngeblog kok ngirit banget giniii *jedotin pala* , ini maksud hati supaya ringkess aja gituu, empat dijadiin satu 😛

The Forbidden City

The Forbidden city ini berhasil membuat saya tercengang. Sesampai disana, turis banyaaakkkk banget, kira-kira hampir 10.000 orang per hari hanya di Forbidden City aja! Jeng jeng! Tapi ya gak sumpek-sumpekan, lha orang gedddaaaa banget tempatnya, saya jadi mikir dikit, ini Beijing sekaya apa ya pendapatan dari wisatawannya? Padahal waktu saya kesana kan masih dingin, gimana kalau summer?
 
Ramai Sentosa

 Kemarin saja mungkin ratusan ribu pengunjungnya. Singkat cerita tentang sejarah Forbidden City atau Kota Terlarang ini, konon jaman dulu rakyat biasa tidak boleh memasuki kawasan ini. Kawasan ini khusus untuk 24 Kaisar dari Dinasi Ming dan King dari tahun 1420 sampai 1911. Tempat ini luaaas banget, mungkin sekitar 720.000 meter persegi, terdiri atas 980 bangunan dengan 8000an kamar, loh kamarnya kok banyak banget? Karena ini tempat tinggal para kaisar dan para Concubine (Sebutan Selir di Cina).

 

Terlalu luas

Baca deh history tentang selir-selir kaisar ini, menarik banget. Karena kemegahan ini, Forbidden City dicatat sebagai warisan sejarah dunia oleh UNESCO pada tahun 1987. Sila dibaca sejarahnya di Google ya teman temin. Atau kesana aja langsung hihi *songong 😀

Mahakarya buatan manusia

 

Tiananmen Square

Sebenarnya Tiananmen Square ini hanya lapangan aja, tetapi bersejarah banget. Letaknya deketan (bersebelahan) dengan Forbidden City, malahan kalau gak salah Monumen Tiananmen itu sendiri menjadi salah satu pintu masuk Forbidden City.

 

Monumen Tiananmen yang terkenal.

sejarahya, kira-kira tahun 1989 terjadi tragedy di lapangan ini, dimana puluhan ribu mahasiswa yang melakukan demo dilindas sejumlah tank tentara. Bayangkan, dilindas rame-rame! Udah bisa kebayang betapa kelam nya keadaan saat itu ya? Kabarnya sebagian orang-orang yang melakukan demo yang menuntut pemerintahan saat itu di lapangan ini, selain dilindas tank dan tewas berlumuran darah, ada juga yang dijebloskan ke penjara.

Temple of Heaven

Gak habis-habisnya memang memandangi bangunan-bangunan di Cina, setiap liuk ukirannya dan tata letaknya mempunya arti dan filosofi berdasarkan Feng Shui. You’ll be amazed!

Bangunan China, selalu mempunyai Filosofi yang menarik.

Temple of Heaven ini adalah bangunan pemujaan, ada sebuah bangunan bundar yang ditopang oleh tiang-tiang, berdiri di atas tiga lapis marmer. Ternyata setelah saya baca-baca sejarahnya, Temple of Heaven ini bangunan pemujaan dengan konstruksi kayu terbesar di dunia yang masih kokoh, pembuatannya pun tidak menggunakan paku, hanya pasak dari kayu.

Pose seadanya, gak sempet muterin seluruh bangunan T_T


Orang-orang jaman dulu tuh hebat nan perkasa ya? Hehe Kenapa di sebut Kuil Surga? Konon karena bangunan ini untuk memuja para dewa yang dianggap sebagai ‘Surga’, itu dia kenapa semua yang ada di area ini berbentuk lingkaran. Saya sendiri bingung, apa hubungannya bentuk lingkaran dan surga? di China ada kepercayaan bahwa lingkaran adalah sebagai simbol surga.

Summer Palace

Summer Palace ini cuma sebuah taman aja actually, sayang saya gak sempet explore total disini. Yah, nasip kalo ikut tour deh.. ikutin Induk (baca:tour guide) aja kemana si Induk pergi, ditambah lagi, waktu itu Induk kita lagi gak begitu enak, kurang senyum dan ninggalin kita mulu hahahaha.. ya wisatawan Indonesia kelamaan sih ya foto-fotonya. Maka atas dasar itu, kami memanggilnya Dewi Kwan Im. Karena? Karena dimana tour guide lain membawa bendera sebagai tanda pengenal group, dia membawa ….. Tangkai berbunga gede.

Dewi Kwan Im, penyebab kami tak bisa foto di jembatan


Balik lagi ke cerita Summer Palace, taman ini bener-bener enak buat pacaran. Emang taman yang berdanau tu romantis yaaa? Di taman ini ada jembatan panjang, dan.. saya gak foto aja doong di depannya! Huhuhuh.. ini gara-gara si Dewi Kwan Im! Pas mau ke jembatan, dia langsung ninggalin, pura-pura gak denger gitu kl kita mau poto-poto.

Jembatan yang gagal jadi tempat foto-foto

Selain ada jembatan yang ciamik ini, bisa juga nyebrangin danau pake perahu ke Istana. Ternyata, disinilah kaisar memilih tempat ini untuk tempat tinggal permanen. Summer Palace dibangun pada tahun 1115-1234, taman ini menjadi taman-taman kerjaan yang mewah untuk pesta-pesta dan istirahat.

Summer Palace juga cukup luas, mungkin sekitar 300ha dan kabarnya mencakup 3000 bangunan seperti kuil. Pavilion, menara dan taman tentunya. Tiga perempat dari Summer Palace adalah air diantaranya Danau Kuhming, yang ternyata buatan manusia. Pada tahun 1998, Summer Palace pun dicatat oleh Unesco sebagai situs warisan dunia.
Hanya salah satu bangunan di dalam lingkungan Summer Palace

Mungkin di China ini, banyak banget ya tempat warisan dunianya? Dan memang mendengar sejarah cina dan bangunan yang penuh dengan filosofi itu membuat terheran-heran.

Advertisements
Categories: China | Tags: | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Jalan Sendiri ke Jepang

Sekali-sekali jalan gak pakai Tour - freedom adventures

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

Anila Tavisha

Ambivert creature who loves to postpone her stories

dininulis

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad & HR.Thabrani)

alfsukatmo.wordpress.com/

A place where my soul rest

Wee Line

There's always an open door for them who wanna try

Esti Murdiastuti

Melihat dunia, merenung, intropeksi maka engkau akan menemukan Tuhan-mu

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Penyukajalanjalan

Jelajahi dunia selagi bisa

santistory

.:santiari sanctuary:.

%d bloggers like this: