It’s Shopping Day in Hongkong.

Sebenernyaaa, saya malu deh iniihh.. soalnya dari sekian list-to-buy yang saya bawa, gak ada yang dapet, gak ada yang kebeli karena di HK…. KEBANYAKAN TEMPAT SHOPPING! Haiisshhh! gak fokus dan jadi malah kelamaan mikir hikss… pengen balik lagiiii…

Drama Konsumtif.

Waktu ke Wangfujing street di Beijing, saya takjub sama keramaian pusat perbelanjaannya, tapi Hongkong lebih parah. Jam 1 malem aja toko-toko baju masih buka. Yang paliiing bikin saya takjub adalah, konsumtif nya warga Hongkong. Jakarta kurang konsumtif apa lagi sih? Entah deh.. yang jelas, saya ngeliat counter bvlgari, prada, LV (you name it) pake ngantri segala ya cuma di HK, terlepas itu palsu or engga ya, gak tau deh, yang jelas counter-counter tersebut besar, dan didepan pintu selalu ada yang jaga. Oke, di Jakarta banyak ya counter-counter tadi, tapi pasti letaknya di mall-mall besar. Di HK? Di pinggir jalan aja cyyynn…. Dan pake ngantri masuknya.

551862_3422201868531_1288932889_n

Onde mande hebohnya

 Waktu itu, balada temen mau pup jadi kita nyari pusat perbelanjaan yang kita pikir kamar mandinya akan agak bersih, lalu mampirlah kami ke Sogo di daerah TST. Ya Sogo yang ada di PS tea..di HK juga ada ternyata. Pas mau masuk, ada tulisan SALE gede banget dan dimana-mana. Lalu setelah di dalam Sogo, yasalam.. ini Sogo apa Ramayana di bekasi pas mau lebaran? Rame bener kaya PRJ baru buka. Memang sih sale, tapi setelah saya lihat-lihat, harga sale tersebut masih mahal (sama kaya harga di Jakarta, malah sebagian mendekati harga normal di Jakarta). Sambil nunggu temen yang pup tak kunjung beres, saya sekedar lihat-lihat aja. Saya simpulkan, konsumtifnya drama banget, lebih parah daripada hipster-hipster jakarta deh.. apa saya yang lebay dan ndeso yaa? 😀

318277_3427522961555_953929467_n

Mau ujan badai of typhoon, belanja jalan trooss

Saya lihat banyak teenagers di HK, liat-liat parfum Anna Sui.. gak sampe 5 menit, bayar. Lalu ada ibu-ibu, pegang-pegang L’occitane gak lama bayar. Beberapa Abg cekikikan sama temen-temennya nyoba-nyoba jam swatch, gak lama.. bayar. Saya sempet lihat harga jamnya, kalau di rupiah sekitar 1.5jtan.. secepet itu yaa belinya. Di ambas, saya beli dvd 7rban aja nyobanya lama! 😀

Tapi itulah, jadi seru ngeliatnya.. jadi kayak ngeliat Amazing Race Shopping in HK. Berikut adalah tempat-tempat belanja di HK yang sering dikunjungi (saya cerita beberapa aja yah):

1.     Ladies market (di Mongkok)

2.     Argyle Center (deket sama ladies market)

3.     Stanley Market – Causway Bay

4.     Temple Street Night Market

5.     City Gate Mall (Tung Chun)

Ladies Market, Argyle Center dan Temple Street Night Market, semua berlokasi di daerah Mongkok. Kalau kuat jalan, muter-muter aja di daerah ini sampe mabok. Dari Mongkok sampe Nathan Road (TST) itu semuaaaaa isinya toko-toko..sejauh mata menerawang sampe jereng. Di seluruh blok, sepanjang jalan dan sejauh mata memandang. Dari mulai toko baju, kamera, Sepatu, elektronik, kosmetik, makanan, market-market, pusat perbelanjaan, outlet branded goods, semua bertebaran. selamat bingung!

Ladies Market

Ladies Market terletak di daerah Mongkok di sepanjang jalan Tung Choi. Kalau dari daerah TST deket banget, tapi gak disarankan jalan kaki ya, take the bus or MTR is much better. Save your energy for shopping hihihi..

Disebut Ladies Market (LM), mungkin karena 80% jualnya printilan/ barang-barang cewek ya. Tapi banyak juga kok yang jual baju-baju cowo. Harga di LM bisa banget ditawar dan proses nawarnya masih lebih manusiawi daripada di Beijing yang kebanyakan drama. Barang-barang seperti baju cewek, baju cowo, barang-barang souvenir (magnet dan temen-temennya), tas, dompet, or casing hp/iPhone bertebaran disini.. kalau pakai iPhone, sila beli casing yang banyak mumpung disini, bentuknya lucu-lucu dan murah dengan harga mulai dari 35ribu. Saya niat beli banyak, tapi ternyata cuma beli… satu! Aaaaaaaaaaaaaaaa *ngesot balik ke HK . LM ini gak pernah sepi dan baru tutup jam 1 malem. Jadi, siap-siap minta maaf ama kaki dan betis bekonde masing-masing yah.. *ngayuh becak

note: saking hebohnya, saya gak motret kondisi ladies market ini dong.. 😀 sibuk ama belanjaan

Argyle Center

 Letaknya deket banget sama LM, cuma beberapa blok aja. Argyle Center ini lebih kaya ITCnya di HK. Sepanjang pengalaman saya membeli di beberapa toko disini, harganya gak bisa ditawar dan di beberapa toko gak bisa dicoba. Baju-baju yang kalau di Jakarta ada di online shopping, disini bertebaran isinya mirip semua.. semenjak badan memelar, mana bisa make-make baju ala korea yang ukurannya ceking-ceking semua? Tapi saya cukup senang kesini, karena ketemu toko accessories murah! Kalau di Jakarta mungkin harganya range 60ribu – 100ribu, di Argyle Center Cuma HKD 25 – HKD 30 . aheeyy! Dan toko accessories walau tokonya kecil tapi rame banget sama orang-orang lokal. Saya sempet rebutan sih sama abg HK yang badannya setipis papan cucian, ya jelas dong saya yang menang.. thanks to lengan gebokan kasti!

Satu kejadian yang berkesan adalah, disini juga banyak TKW asal Indonesia yang kayanya kalau hari minggu libur, jadi sering banget ketemu mba-mba jawa lagi pada belanja (cerita tentang TKW akan saya ceritakan di postingan yang berbeda). Waktu itu saya mau nawar baju di sebuah toko disini, eh kebetulan si mba-mba TKW juga suka ama baju yang sama (cieee seleranya bisa samaan gitu T_T ). Karena bertampang jawa sebelum dia ngomong, saya langsung tau, ah ini pasti! Pasti mba-mba medok. Saya pede aja tanya, “dapet berapa mba? “ , dia senyum “90 (HKD), mba juga mau? Kalau mau, saya tawar lagi, biasanya kalau beli dua dapet murah” .. Saya spontan, “mau deh mba” . Lalu si mba-mba medok ngomong mandarin ke yang jual, dan dapet deh 75 HKD . isshh.. makasih ya mbaaa, lupa kenalan, lupa foto bareng hehe..    

Stanley Market

 Waktu mau ke Stanley Market sebenernya agak dilemma juga, di satu sisi gak tau jalannya, jadi males kalau kelamaan nyasar. Tapi di sisi lain, di hasil blog-walking, ada yang rekomen toko kamera disitu. Akhirnya, cuss lah ktia ke Stanley Market.

Untuk menuju Stanley Market dari TST kita menuju Causway Bay, dari Causeway Bay saya berjalan ke arah Tung Lung Street dan mencari minibus No.40 jurusan Stanley Market. Minibus ini hanya berkapasitas 20 – 25 orang warnanya hijau. Waktu tempuh menuju Stanley Market kira-kira 30 menit tapi dan lagi-lagi diperjalanan saya disuguhkan pemandangan yang baguus.. melewati perumahan mewah-mewah dengan background lautan. Sebenernya, bukan rumah sih, di Hongkong, sekalipun itu perumahan mewah (dilihat dari jenis-jenis mobil yang parkir) tetep aja bentuknya apartment bertingkat. Bedanya dengan apartement di kota, apartment-apartment di jalan menuju Stanley Market bangunan dan area nya ekslusif, jaraknya lebih renggang-renggang. Tak jarang, apartment-apartment tersebut terletak di bibir pantai, ah.. suka! Gak seperti pemandangan di HK pada umumnya. Serasa di western (sok sok udah pernah ke benua lain selain asia)

Karena tak kunjung sampai, saya dan teman-teman sempet bingung. Apa jangan-jangan udah kelewat? Mungkin muka bingung kita ketauan, lalu di Minibus ada ibu-ibu tua (umur sekitar 50an) tiba-tiba berbicara “kalian mau berenang ya? “

Eh si Ibu orang Indonesia hehe , lalu teman saya menjelaskan, kalau kita mau ke Stanley Market dan ternyata Stanley Market juga tempat si Ibu turun. Pas saya turun, si Ibu bilang:

“disini tempatnya, karena masih pagi, belum semua tokonya buka, tapi kalian bisa main-main dulu di pantai” .

Teman saya menimpali “kita jalan ya bu ke bawah/pantai?” .

si ibu jawab “iya jalan, ini weekend, mobil gak bisa masuk, karena akan penuh, kalian orang Indonesia malas sekali jalan kaki”

#duaaar!!

Kami semua ngakak. *pijet-pijet kaki , yah kita cuman nanya buuu bukan berarti malees 😀 , ternyata si Ibu anaknya tinggal di HK.

Di Stanley market ini saya gak dapet yang saya mau, menurut saya barangnya masih lebih mahal daripada di Ladies Market. Toko kamera yang dicari pun gak ada , ada sih beberapa, tapi bukan itu yang dimaksud. Agak buang waktu juga kesini, karena toko-tokonya gak seheboh yang dibicarakan di blog-blog. Tapi yah, memang selalu ada hikmah dari perjalanan yang tidak sesuai harapan. Melihat-lihat pemandangan pantai di belakang Stanley Market cukup menghibur saya. Tidak seperti lagi di HK deh.. suka banget!

Dsc_8325
Dsc_0262

Jangan lupa foto Stanley Beach juga ya *batuk2

Dsc_8317
Dsc_0260

Mount. Sea. Building.

City Gate Mall / Tung Chun

 Gak bisa cerita banyak karena waktu itu numpang makan kfc disini :p , tapi sempet muter dan masuk ke beberapa outlet, yang jelas pas masuk mall ini, diskon bertebaran dimana-mana untuk barang-barang bermerek seperti Puma, Adidas, Quicksilver, Zara, Mango.. kalau habis dari Ngong Ping , silahkan mampir ya kaakkk *ala mba-mba Giordano

Segitu aja ya.. ya.. ya.. kebanyakan nanti pusing lho!

Advertisements
Categories: China, Hongkong | Tags: , | 1 Comment

Post navigation

One thought on “It’s Shopping Day in Hongkong.

  1. Salam Persahabatan dari Kami Jajanan Arek Suroboyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Jalan Sendiri ke Jepang

Sekali-sekali jalan gak pakai Tour - freedom adventures

tindak tanduk arsitek

Indri Juwono's thinking words. Architecture is not just building, it's about rural, urban, and herself. Universe.

Anila Tavisha

Ambivert creature who loves to postpone her stories

dininulis

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (HR. Ahmad & HR.Thabrani)

alfsukatmo.wordpress.com/

A place where my soul rest

Wee Line

There's always an open door for them who wanna try

Esti Murdiastuti

Melihat dunia, merenung, intropeksi maka engkau akan menemukan Tuhan-mu

The Science of Life

Traveling, Travel Photography, Postcrossing, Love Aceh and Indonesia so much, Culinary, and Living my Life

Penyukajalanjalan

Jelajahi dunia selagi bisa

santistory

.:santiari sanctuary:.

%d bloggers like this: